Obligasi Jepang Ngamuk Tembus 3 Persen, Sinyal Bahaya Buat Portofolio Lu
Ada kabar panas nih dari negeri anime. Yield obligasi pemerintah Jepang tenor 10 tahun resmi naik 5 bps ke level 3 persen pada Selasa kemarin. Lu tau nggak, angka ini jadi rekor tertinggi sejak tahun 1996 silam. Gila nggak tuh, jaman bapak kita masih muda, obligasi Jepang belum pernah separah ini.
Usut punya usut, semua ini gara-gara omongan Menteri Keuangan AS, Scott Bessent. Waktu ketemu Menteri Keuangan Jepang Satsuki Katayama dan bos Bank of Japan Kazuo Ueda di acara G20, Bessent ngasih sinyal supaya bank sentral Jepang berani naikin suku bunga dengan lebih agresif.
Makanya, pasar langsung panik. Kenaikan yield ini juga nyambung sama fenomena global bond sell-off. Nggak cuma Jepang, yield obligasi AS tenor 10 tahun juga ikutan nyentuh level tertinggi sejak Januari 2025 di angka 4,78 persen. Sekarang, para analis kompak meramal Bank of Japan bakal naikin suku bunga lagi sebesar 25 bps ke level 1,25 persen pada rapat 18 September 2026 besok.
Kondisi kayak gini jelas bikin deg-degan. Banyak trader dan ekonom bilang kalau yield udah nembus 3 persen, pemerintah Jepang bakal pusing tujuh keliling buat ngurusin utang negaranya.
Buat lu yang sering mantengin market, siap-siap aja karena ada potensi besar perusahaan asuransi Jepang bakal repatriasi dana. Maksudnya, mereka bakal narik duitnya dari obligasi AS, terus dipindahin lagi ke pasar domestik Jepang. Kalau skenario ini jalan, siap-siap portofolio lu kena imbas goncangan global. Jadi tetap pasang stop loss dan jangan asal FOMO ya bro!
